SEO vs PPC: Mana yang Lebih Efektif? - Batatai.com

SEO vs PPC: Mana yang Lebih Efektif?

66
0

Apa itu SEO vs PPC? Agar brand Anda diperhatikan, maka Anda harus mengetahui berbagai caranya. Ada dua metode yang biasa digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web perusahaan Anda, yaitu metode SEO dan PPC, dimana kedua ini adalah dua metode pemasaran mesin pencari terbaik untuk menghasilkan penjualan dan meningkatkan lalu lintas.

Search Engine Optimization (SEO) dan Pay-Per Click (PPC) haruslah menjadi salah satu dari strategi dalam pemasaran yang bisa dan sangat penting untuk Anda kembangkan. Anda juga tidak disalahkan jika Anda bisa menggunakan kedua metode ini secara bersamaan.

Secara umum, Anda bisa menggunakan atau memilih antara metode SEO vs PPC untuk strategi pemasaran situs web serta internet Anda. Namun, pilihan mana yang terbaik maka itu tergantung dari pilihan Anda dan tentunya ini tidak mudah. Di artikel ini kami akan menyajikan penjelasan lebih lanjut mengenai SEO dan PPC, simak sampai akhir ya!

Apa itu SEO dan PPC Advertising?

Anda pasti sering mendengar mengenai SEO, tetapi apa sih SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan proses dimana ia melakukan berbagai macam tugas yang memungkinkan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian Google. Ini akan membantu Anda untuk mencapai first page pada pencarian Google serta memastikan Anda memberikan konten yang relevan kepada audiens Anda.

Sedangkan, PPC atau Pay-Per Click adalah model pemasaran di mana pengiklan membayar biaya yang telah ditentukan setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan. Jika Anda menggunakan metode ini dengan tepat, maka ini akan menjadi metode yang sangat efektif untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web Anda. Iklan berbayar biasanya akan muncul di bagian atas first page pencarian. Ini tentunya akan menarik perhatian para pengguna yang sedang mencari sesuatu pada pencariannya.

Mengenal SEO Lebih Dalam

mengenal seo

Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya maka Anda sudah mengetahui jika Anda memprioritaskan nilai SEO situs Anda maka dapat secara drastis meningkatkan jumlah lalu lintas organik menuju ke situs bisnis Anda. Meskipun mungkin Anda akan merasakan kesulitan untuk meningkatkan metrik ini pada awalnya, tetapi ini tidak sesulit setelah Anda memahami SEO itu sendiri dan mengetahui beberapa cara untuk meningkatkannya.

SEO adalah proses mengoptimalkan halaman Anda untuk mendapatkan peringkat di hasil organik mesin pencari. Biasanya SEO ini melibatkan empat area :

  • Riset kata kunci – Temukan kata kunci apa yang banyak dicari orang
  • SEO on-page – Membuat konten yang dicari oleh para pencari
  • SEO off-page – Membangun kepercayaan dan otoritas dari situs web lain
  • SEO Teknis – Memastikan mesin pencari dapat menemukan, merayapi, dan mengindeks konten Anda

Riset kata kunci

Yang pertama adalah riset kata kunci, yaitu proses memahami kata dan frasa (kata kunci) yang digunakan oleh pelanggan target Anda saat mencari di mesin pencari. Menemukan kata kunci ini biasanya melibatkan penggunaan alat riset kata kunci seperti Ahrefs, Ubersuggest, Google Pencarian dan lainnya.

Sebagai contoh, berikut ini adalah cara menemukan kata kunci untuk toko online yang menjual produk kopi:

  • Tuliskan pendapat tentang kata dan frasa yang mungkin dimasukkan oleh calon pelanggan di Google
  • Masukkan kata kunci tersebut ke dalam Penjelajah Kata Kunci Ahrefs
  • Kemudian lihatlah kata kunci yang cocok

Menerapkan kata kunci yang benar akan meningkatkan peringkat situs web Anda pada pencarian para pengguna.

SEO on-page

Kedua adalah SEO on-page, dimana ini merupakan tentang membuat jenis konten yang ingin dilihat oleh pencari. Melakukan hal ini berarti mencari tahu mengapa para pencari mencari kata kunci. Hal ini dikenal sebagai maksud pencarian. SEO on-page membuat kita mengoptimalkan konten pada website kita agar memasuki first page pada pencarian Google. Tujuannya agar konten kita terlihat lebih SEO-friendly.

Beberapa cara ini bisa Anda terapkan agar konten Anda lebih SEO-friendly

  • Menempatkan kata kunci secara strategis, seperti pada judul
  • Membuat judul yang menarik
  • Menggunakan URL yang pendek dan deskriptif
  • Mengoptimalkan gambar

Selain itu, masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat konten situs web Anda menarik dan tentu saja bisa meningkatkan peringkat website Anda.

SEO off-page

Yang ketiga adalah SEO off-page di mana Anda melakukan hal-hal di luar situs Anda untuk menunjukkan kepada Google bahwa halaman Anda layak mendapatkan peringkat. Salah satu caranya adalah membangun backlink berkualitas tinggi. Hal ini penting karena backlink adalah salah satu dari tiga faktor peringkat teratas Google. Tautan ini bertindak seperti suara dari situs web lain. Selain tautan, faktor SEO off-page yang penting lainnya (terutama untuk SEO lokal) adalah ulasan, kutipan dan banyak lagi.

SEO Teknis

Yang terakhir adalah SEO teknis. SEO teknis merupakan upaya pengoptimalan SEO dari dalam sebuah website, dengan memperhatikan aspek berupa : kecepatan website, struktur website, XML sitemap, keamanan (SLL), tema yang SEO friendly, layout website dan navigasi. Dengan menggunakan SEO teknis, maka website Anda akan memiliki kerangka yang bagus dan mudah untuk dibaca oleh mesin pencari.

Mengenal PPC Lebih Dalam

Mengenal SEO Lebih Dalam

Pemasaran PPC adalah sebuah cara periklanan online di mana pengiklan membayar biaya setiap seseorang mengklik iklan mereka. Iklan pencarian adalah format yang paling umum, tetapi iklan media sosial juga termasuk dalam kategori ini.

Berikut ini adalah apa yang biasanya dilakukan oleh iklan PPC untuk Google Ads:

  • Riset kata kunci – Temukan apa yang dicari pelanggan Anda
  • Pengaturan tawaran – Tentukan berapa banyak Anda ingin membayar untuk satu klik
  • Pembuatan iklan – Buat iklan yang menarik dan relevan
  • Penargetan pemirsa – Pilih siapa yang harus melihat iklan Anda

1. Riset kata kunci

Sama seperti bagaimana Anda memilih untuk menargetkan kata kunci untuk SEO, Anda juga harus memilih kata kunci untuk ditargetkan untuk iklan PPC. Itu berarti melakukan riset kata kunci.

2. Pengaturan tawaran

Pengaturan tawaran adalah di mana Anda memutuskan berapa banyak Anda bersedia membayar Google untuk klik iklan. Jika pesaing menawar lebih tinggi dari Anda, Google tidak akan banyak menampilkan iklan Anda – yang menyebabkan lebih sedikit klik.

3. Pembuatan iklan

Pembuatan iklan adalah tempat Anda memutuskan apa yang akan dikatakan iklan Anda dan kemana iklan tersebut akan ditayangkan. Iklan yang Anda luncurkan diberi Skor Kualitas oleh Google. Ini memberi tahu Anda seberapa relevan dan berguna iklan Anda. Secara umum, Skor Kualitas yang lebih tinggi berarti iklan Anda akan dilihat oleh lebih banyak orang, dan Anda juga akan membayar lebih sedikit untuk klik.

4. Penargetan audiens

Penargetan audiens adalah tempat Anda memutuskan siapa yang harus melihat iklan Anda. Anda dapat menargetkan orang berdasarkan siapa mereka, apa yang mereka minati, di mana mereka berada dan banyak lagi.

SEO vs PPC: Mana yang lebih baik?

SEO vs PPC: Mana yang lebih baik?

SEO vs PPC merupakan dua hal yang berbeda namun sama. Baik SEO maupun PPC tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lain. Keduanya adalah metode yang benar dan dapat digunakan. Jadi jawaban sebenarnya: tergantung. Ada beberapa situasi di mana satu saluran mungkin lebih masuk akal.

Secara umum, Anda akan menemukan bahwa SEO adalah yang terbaik untuk tujuan jangka panjang sementara iklan PPC ideal untuk tujuan yang harus Anda penuhi dalam waktu dekat. Lebih khusus lagi, SEO sangat bagus untuk perusahaan yang ingin berupaya membangun kehadiran jangka panjang untuk brand mereka secara online.

Namun, tidak setiap brand memiliki waktu untuk menunggu taktik SEO diterapkan. Dalam banyak kasus, mereka membutuhkan hasil dalam waktu satu bulan atau bahkan lebih cepat dari itu. Dalam hal ini, iklan PPC mungkin merupakan solusi ideal.

Kelebihan SEO
Return of Investment (ROI) eksponensial
Lebih banyak lalu lintas organik diarahkan ke situs Anda
Tingkat kredibilitas dan kepercayaan yang lebih tinggi
Brand awareness yang berkelanjutan

Kelebihan PPC
Hasil cepat
Mudah untuk melacak kemajuan
Meningkatkan brand awareness
Kontrol total atas anggaran

Kekurangan SEO
Membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil
Lebih mahal di muka
Pemeliharaan situs web yang sedang berlangsung
Membutuhkan keterampilan dan keahlian tingkat tinggi

Kekurangan PPC
Biaya dapat bertambah dengan cepat
Kebutaan iklan
Return of Investment (ROI) linier
Peringkat kepercayaan yang lebih rendah dengan pengguna

Penutup

Jika Anda punya cukup waktu, Anda dapat menerapkan SEO. Jika Anda memiliki waktu terbatas, Anda dapat menerapkan kampanye PPC bersama dengan SEO untuk hasil langsung. Memahami informasi di atas tentang SEO vs PPC adalah langkah pertama yang penting menuju kampanye pemasaran digital yang sukses. Ketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing strategi, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat keputusan yang terbaik bagi Anda. Dan jangan lupa Anda selalu dapat memanfaatkan keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *