Apa itu WordPress? Sejarah, Pengertian, Kelebihan dan Fungsinya

Apa itu WordPress? Sejarah, Pengertian, Kelebihan dan Fungsinya

64
0

WordPress adalah sebuah platform content management system yang paling populer di dunia. Berdasarkan laporan W3Techs, WordPress digunakan hampir 43,2% website di seluruh dunia, bahkan untuk platform CMS-nya, WordPress menguasai hampir 65,2% website di seluruh dunia. WordPress bahkan jauh meninggalkan CMS terpopuler kedua yaitu Shopify yang “hanya” menguasai 6,6% website.

Dibalik kesuksesannya bagaimana sih kisah WordPress sebelum menjadi penguasa CMS. Artikel ini akan membahas sejarah WordPress, kelebihan, dan fungsi WordPress hingga sekarang mampu menjadi penguasa CMS di dunia.

Sejarah WordPress

WordPress adalah kelanjutan dari platform blog yang bernama b2/cafelog. Diinisiasi oleh seorang pengembang asal Amerika yaitu Matt Mullenweg pada tahun 2003 bersama seorang pengembang asal Inggris bernama Mike Little. Nama WordPress sendiri merupakan ide dari salah satu teman Matt Mullenweg yaitu Christine Selleck.

Pada perkembangannya WordPress versi awal yang rilis pada Mei 2003 masih berbasis platform sebelumnya walaupun sudah memiliki tampilan yang lebih modern dibanding b2/cafelog. User Interfacetemplate, dan XHTML terbaru sudah diimplementasikan pada versi paling awal WordPress ini.

Selanjutnya WordPress terus berkembang dan berinovasi. WordPress menambahkan fitur plugin dan tema kepada para penggunanya yang berguna untuk mempermudah mengelola hingga mendesain website. Saat ini telah tersedia 59,000 lebih plugin di WordPress dan terdapat versi yang gratis dan berbayar. Biasanya untuk plugin yang berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Pada saat ini WordPress telah menjadi salah satu CMS yang sangat ramah pengguna, dengan fitur-fitur yang mudah digunakan dan dipahami, beragam optimisasi yang bisa diberikan pada website, hingga fitur keamanan yang mumpuni. Beberapa alasan inilah yang menjadikan WordPress sangat populer sebagai CMS.

Apa Itu WordPress?

WordPress merupakan salah satu platform content management system yang bersifat open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut. Selain itu, karena sifat open source-nya, WordPress dapat digunakan secara gratis.

WordPress sendiri saat ini terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Walaupun memiliki nama yang sama sebenarnya kedua WordPress ini berbeda. WordPress.com adalah platform pembuat website dari WordPress yang sekaligus memberikan hosting dan domain.

Sedangkan WordPress.org adalah penyedia platform CMS WordPress yang bisa diunduh dan diinstall secara gratis, untuk menggunakan layanan ini pengguna harus berlangganan hosting dan mendapatkan domain di penyedia lain.

Kelebihan WordPress?

WordPress terkenal karena memiliki banyak fitur dan kelebihan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. SEO Friendly

Website yang dibangun menggunakan WordPress lebih ramah SEO. Website yang ramah SEO akan lebih mampu bersaing di mesin pencari seperti Google atau Bing. Tentu saja jika mencari sebuah keyword, pengguna kebanyakan hanya akan melihat halaman pertama pencarian atau bahkan hasil teratas pencarian. Website yang tampil teratas atau halaman pertama di mesin pencari ini biasanya adalah website yang telah menerapkan SEO.

2. Plugin Melimpah

Plugin adalah semacam program yang mampu menunjang fungsi dari program utamanya. Disini, WordPress memiliki puluhan ribu plugin yang bisa kamu gunakan untuk menunjang website. Misalnya untuk membuat website lebih SEO hingga membuat website toko online. Plugin di WordPress dapat membantumu untuk lebih mudah dalam membangun kedua hal tersebut.

WordPress memiliki repositori plugin yang saat ini berjumlah 59,000+ dan terdapat versi yang gratis dan berbayar. Plugin berbayar akan memberikan fitur yang lebih lengkap, tapi sebagian plugin di WordPress bisa kamu gunakan secara gratis.

3. Murah

Penggunaan kata murah disini sebenarnya sedikit berbeda, karena sebenarnya WordPress bisa digunakan secara gratis. Pengguna hanya perlu menggunakan layanan hosting serta membeli sebuah domain agar WordPress bisa berjalan dengan sempurna. Letak murahnya sebenarnya disini, terdapat banyak layanan hosting yang mempunyai paket layanan dengan harga murah dan sudah memberikan fitur-fitur mumpuni.

4. Banyak Pilihan Tema

WordPress mempunyai banyak pilihan tema dari yang bersifat professional hingga tema yang ramah anak. Visualisasi website dapat diganti dan diubah dengan mudah. Pilihan tema di WordPress juga tersedia versi gratis dan berbayar, pengguna hanya perlu menyesuaikan jenis tema dengan kebutuhan website mereka. Selain itu pilihan tema di WordPress kebanyakan sudah mendukung website responsif yang berarti tampilan website bisa menyesuaikan dengan beragam ukuran layar perangkat.

Fungsi WordPress

Dengan perkembangan dan inovasi tiap tahunnya, WordPress saat ini bukan hanya bisa digunakan untuk  membuat blog dan sudah bisa mengakomodasi tipe website lainnya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Blog

WordPress memang pada awalnya adalah sebuah platform blog, karena itu membuat website blog tentu menjadi keunggulan platform yang satu ini. Apalagi fitur-fitur di WordPress juga memudahkan untuk membuat tulisan serta menambahkan gambar dan video.

2. Profil Perusahaan

WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website yang memuat profil perusahaan. Fungsi dari website profil perusahaan adalah untuk memperkenalkan perusahaan ke publik dengan memanfaatkan website. Tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan engagement perusahaan.

3. Website Bisnis

Kamu juga bisa menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis. Sebuah website untuk bisnis haruslah memiliki kesan profesional dan ramah pengguna. WordPress adalah salah satu CMS yang mampu meng-handle semua hal tersebut. Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan WordPress sebagai CMS mereka karena itu kamu bisa mempercayakan website bisnismu kepada WordPress.

4. Toko Online

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa WordPress mendukung puluhan ribu plugin untuk mempermudah pembuatan website. Nah, salah satu plugin untuk WordPress bernama WooCommerce adalah plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat website toko online dengan mudah. WooCommerce bahkan digunakan oleh 20,4% pengguna WordPress.

5. Website Portofolio

Website portofolio adalah website yang digunakan sebagai “showcase’ dari karya karya yang pernah kamu buat. WordPress mampu menampilkan galeri hingga sliders untuk menunjang tampilan portofolio kamu. Selain itu WordPress juga dilengkapi pilihan tema-tema yang mampu menunjang tampilan website portofolio. Dengan berbagai fitur tersebut WordPress adalah platform yang tepat untuk membangun image dan branding personal.

6. Komunitas Online

Website komunitas online dapat membuat para pelanggan sebuah layanan atau bisnis untuk mendapatkan bantuan atau sekedar memberikan pendapat tentang produk. Dengan mempunyai website komunitas online pemilik bisnis akan lebih mampu untuk mengikat pelanggan, meningkatkan loyalitas pengguna, dan bisa bersaing dengan bisnis lain. WordPress juga memiliki kemampuan untuk membangun website seperti ini.

7. Knowledge Base Website

Membuat website tersendiri yang berisi info teknis atau pengetahuan dari produk bisnis yang dimiliki juga bisa dibuat dengan WordPress. Apalagi jika produk yang kamu tawarkan adalah tipe produk yang membutuhkan pengetahuan teknis lebih agar tidak salah guna. WordPress juga memiliki plugin untuk membuat website knowledge base karena itu pengguna dapat lebih mudah untuk mengembangkan website knowledge base.

Saking beragamnya kegunaan, fitur, dan kelebihan CMS berbasis WordPress tidak mengherankan jika WordPress saat ini menjadi platform CMS paling populer di muka bumi. Untuk menggunakan WordPress pastikan didukung layanan hosting berkualitas agar website dapat berjalan dengan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *