10+ Tips Memilih VPS Terbaik Sesuai Kebutuhan

10+ Tips Memilih VPS Terbaik Sesuai Kebutuhan

193
0

Halo, Sob! Penggunaan VPS (Virtual Private Server) dalam membuat sebuah website sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, kamu tidak boleh ketinggalan tips memilih VPS agar tidak berakhir dengan kekecewaan.

VPS sendiri merupakan bentuk layanan hosting yang memberikan akses virtual ke server fisik. Dalam konteks ini, satu server fisik dapat dibagi menjadi beberapa server virtual dan masing-masing server akan beroperasi secara independen.

Lalu, bagaimana cara memilih VPS terbaik untuk website kita? Tak perlu bingung, artikel kali ini akan membahas tentang hal itu secara terperinci. Untuk itu, simak baik-baik ulasan berikut!

Cara Jitu Tips Memilih VPS Terbaik

Agar website bisa berjalan dengan optimal, pastikan kamu memilih VPS yang sesuai dengan kebutuhan website. Agar lebih jelas, silakan ikuti tips-tips dalam memilih VPS di bawah ini:

1. Menawarkan Server Uptime Tinggi

Uptime yang tinggi menjadi faktor penting untuk memastikan website selalu bisa diakses oleh pengunjung. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih penyedia VPS yang menjamin tingkat uptime tertinggi, Sob. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan dari para pengguna saja, tetapi juga memberikan sinyal positif kepada mesin pencari seperti Google. Dengan begitu, kinerja website akan semakin meningkat seiring waktu.

VPS provider biasanya menyatakan uptime tinggi dalam bentuk persentase. Jika persentase uptime bisa mencapai 99% seperti di Jagoan Hosting yang tentu kualitas sudah sangat baik sehingga VPS tersebut layak untuk menjadi pilihan.

2. Memberikan Unlimited Bandwidth

Seiring dengan pertumbuhan situs web, kebutuhan bandwidth pastinya juga akan meningkat. Untuk itu, kamu juga harus memastikan bahwa penyedia VPS menawarkan paket VPS dengan bandwidth unlimited seperti di Jagoan Hosting.

Dengan bandwidth yang tinggi, situs web milikmu akan tetap responsif bahkan saat menghadapi lonjakan trafik. Jika website sering error karena masalah ini, para pengunjung sudah tentu akan mencari sumber lain yang lebih stabil.

3. Spesifikasi Hardware Terbaik

Spesifikasi hardware yang tinggi memastikan kinerja server yang optimal. Faktor seperti kecepatan CPU, jumlah inti (cores), dan tingkat RAM langsung mempengaruhi seberapa cepat server dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Memperhatikan spesifikasi hardware dari setiap paket VPS yang ditawarkan adalah salah satu cara memilih VPS yang harus kamu perhatikan. Pastikan hardware tersebut update dan memiliki kinerja optimal dan relevan dengan kebutuhan komputasi saat ini.

4. Biaya yang Transparan

Tips memilih VPS berikutnya adalah dengan memperhatikan struktur dan memahami harga dengan jelas. Pilihlah penyedia VPS yang menyajikan informasi harga secara transparan dan tidak memiliki biaya tersembunyi. 

Hal ini dapat membantumu menghindari kejutan tidak menyenangkan ketika menerima tagihan bulanan, Sob. Pastikan rincian harga ditampilkan dengan detail dalam setiap penawaran sehingga kamu bisa melihatnya secara jelas.

5. Memberi Dukungan Teknis Optimal

Kualitas layanan dukungan teknis sangat berarti ketika kamu menghadapi masalah dengan server. Pastikan penyedia VPS menyediakan dukungan teknis secara penuh 24/7 dengan tim yang kompeten dan responsif seperi tim support dari Penyedia Hosting. 

Dengan begitu, kamu bisa mengatasi kendala teknis dengan cepat dan efektif. Perhatikan juga saluran apa yang pihak penyedia hosting tawarkan untuk menangani semua keluhan yang kamu ajukan.

Salah satu saluran komunikasi yang cukup efektif tentu saja adalah chat, baik itu melalui fitur live chat di website atau menggunakan aplikasi pesan seperti Whatsapp. Untuk saat ini, penggunaan email sudah kurang optimal dalam menangani keluhan klien.

6. Menawarkan Backup Data

Backup data VPS berfungsi sebagai salinan cadangan untuk melindungi risiko kehilangan data yang tidak terduga. Faktor-faktor seperti kegagalan perangkat keras, kesalahan manusia, atau serangan malware dapat menyebabkan risiko tersebut terjadi.

Hal ini merupakan salah satu cara memilih VPS yang bagus karena kepastian keamanan data adalah nyawa utama sebuah website. 

Situasi darurat seperti kegagalan sistem atau crash server bisa menjadi ancaman serius. Dengan backup data VPS yang teratur, kamu memiliki kemampuan untuk memulihkan sistem ke keadaan sebelumnya.

7. Memberi Opsi Pengelolaan Server

Salah satu tips memilih VPS yang tidak kalah penting adalah adalah terkait fleksibilitas sistem pengelolaan server yang ditawarkan pihak penyedia hosting. Hal ini sangat penting, terutama dalam hal pengelolaan bisnis secara holistik.

Dengan pengelolaan mandiri, kamu memiliki kontrol penuh terhadap konfigurasi server, instalasi perangkat lunak, dan pengaturan keamanan. Akan tetapi, kamu harus memiliki keahlian yang baik dalam mengatasi setiap permasalah di dalam server.

Jika kamu belum begitu menguasai masalah server secara optimal, maka pihak penyedia jasa akan lebih baik jika menawarkan pengelolaan server secara profesional.

8. Sistem Keamanan yang Baik

Penyedia jasa VPS biasanya memiliki tim keamanan yang ahli dalam melindungi server dari berbagai ancaman keamanan. Mereka mengelola pembaruan keamanan, firewall, dan pemantauan aktif untuk melindungi server dari malware atau serangan. 

Memperhatikan soal keamanan sudah pasti menjadi salah satu cara memilih VPS yang bagus dan tidak boleh kamu tinggalkan. Apabila keamanan tidak ketat, tentu akan ada banyak masalah yang bisa kamu temui di dalam website.

Salah satunya adalah serangan DDoS yang dapat menyebabkan downtime pada server dengan menghancurkan sumber daya yang tersedia. Melalui sistem deteksi dan mitigasi DDoS yang efektif, VPS dapat melindungi server dari serangan ini.

9. Memberi Akses Root

Tips memilih VPS berikutnya adalah memastikan adanya akses root secara optimal. Akses root akan memberimu kontrol penuh terhadap konfigurasi server seperti menginstal, mengkonfigurasi, dan mengelola perangkat lunak sesuai kebutuhan.

Jika kamu cukup handal dalam mengelola server, layanan inilah yang akan membuat websitemu jadi lebih optimal. Selain itu, akses root juga memungkinkan pengelola VPS untuk melakukan pemeliharaan dan pembaruan sistem secara langsung.

Dalam situasi keamanan, akses root memungkinkan penyelidikan lebih lanjut terhadap aktivitas mencurigakan. Pengelola dapat melihat log, memeriksa jejak keamanan, dan mengidentifikasi potensi ancaman dengan lebih efektif.

10. Pilih Penyedia VPS dengan Paket Lengkap

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan layanan maksimal adalah dengan cara memilih provider VPS terpercaya dan memiliki pilihan paket lengkap. Salah satunya adalah VPS Murah dari Penyedia Hosting. 

Sebagai salah satu penyedia paket hosting murah terbaik, Jagoan Hosting memiliki pilihan paket VPS yang sangat kamu butuhkan. Pilihan tersebut tidak hanya cocok untuk website baru saja, tetapi juga website-website yang sudah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *